Cari Blog Ini

Sabtu, 21 Mei 2011

" SEPULUH " Jenis Kucing Terpopuler Di Dunia

1. Persian
Kucing persia termasuk kucing berbulu panjang yang banyak digemari orang. Wajahnya yang lebar,hidung yang pesek,dan bulunya yang panjang lebat membuat kucing ini terlihat lucu dan imut. Di Indonesia, kucing ras persia cukup banyak dikembangbiakkan dibandingkan dengan ras lain. Mungkin disebabkan bulu yang panjang dan tebal serta sifat tenang, anggun dan manja yang merupakan salah satu ciri khas kucing ras persia. Persia lebih mudah dikandangkan, relatif tidak berisik dan lebih cocok hidup di dalam rumah. dengan ciri-ciri Kepala : Kepala persia besar dan bulat, hidung pesek dan lebar dengan celah pembatas yang jelas dengan mata. Rahang kuat dan lebar, pipi penuh ditopang tulang pipi yang menonjol. Bila dilihat dari samping, bagian dahi hidung dan dagu berbentuk garis tegak lurus. Telinga : berujung bulat, bagian dasar melebar, tidak terlalu tinggi dan miring ke depan. Mata : mata yang membuka berbentuk bulat dan lebar, warna mata berhubungan dengan warna bulu. Badan : dada lebar dan membulat dengan bagian punggung sedikit membulat, ukuran dan posisi perut bagian belakang membulat dan lebih rendah (cobby) Kaki : pendek, tebal, kuat ditopang tulang yang berukuran besar. Kaki depan lurus dan kaki belakang juga lurus bila dilihat dari belakang. Cakar : besar, bulat dan kokoh, lima jari di kaki depan dan empat jari di kaki belakang Bulu : panjang dan tebal mengkilap, menutupi seluruh badan Ekor : berbulu tebal,lurus, panjang sesuai proporsi badan Sifat : mudah beradaptasi dengan berbagai macam tempat, suka bermain dan mudah untuk disayangi. Ekspresi wajah yang manis dengan sifat tenang bisa duduk dan tidur disatu tempat selama berjam-jam, tidak berisik serta bersuara lembut.

2. Maine Coon
Secara umum ciri-ciri kucing Maine Coon adalah sebagai berikut: Badan besar dan panjang serat agak berbentuk segi empat, Mata lebar serta oval, Hidung lebar dan melengkung di ujungnya, Ekor panjang dan lebar, Memiliki tulang dan otot yang kuat, Teling besar (lebar di bawah), Dahi melengkung, Otot pipi sangat menonjol, Seperti dijelaskan diatas bulunya tebal dan tahan air (sedikit berminyak). kucing Maine Coon mampu bertahan dalam salju dan udara dingin sekalipun karena memiliki bulu yang tebal dan anti air, ditambah terdapat bulu yang sangat tebal di bagian kaki, perut kemudian leher. Jenis kucing ini memiliki badan yang besar. Untuk kucing jantan saja beratnya antara 6-9 kg. Sedangkan untuk kucing betina 4-6 kg. Maine Coon juga memiliki mata dan telinga besar mencerminkan kemampuan penglihatkan dan pendengaran yang lebih.

3. Siamese

Ciri kucing siam adalah sebagai berikut:  Bentuk tubuh panjang, langsing dan berotot, Tubuhnya yang langsing dan anggun, Kepala kecil dan berbentuk segitiga, moncongnya mancung, Bermata biru, Telinga yang lebar, bulu pendek dan halus, Ada warna kontras di ujung-ujung tubuh seperti kaki, telinga, mulut, ekor,hidung dan sekitar mata. Sifat dari Kucing Siamese atau kucing siam ini adalah selalu ingin tahu dan hiperaktif. Kadang-kadang juga menjengkelkan karena terlalu berisik.

4. Exotic 
 
Exotic disebut juga kucing American Shorthair dengan karakteristik persia. Kepala lebih bulat dan lebar, hidung lebih pesek, telinga lebih kecil, badan lebih padat dan lebar, bulu lebih lembut, dan tebal. Penampilan ras hibrida tersebut sangat indah. Setelah gen bulu pendek dominan kuat dan stabil, para breeder mengawinkan kembali dengan Persia untuk mendapatkan bentuk badan dan kepala persia. Perlahan-lahan Exotic Shorthair mulai menjadi populer pada Tahun 1987. Persia dan Exotic Shorthair mempunyai standar yang sama kecuali dalam hal panjang bulu.

5. Abyssinian
 Boleh jadi Abyssinian adalah jenis kucing paling tua yang ada di dunia ini. Jika anda melihat kebudayaan mesir, anda pasti akan melihat gambar atau setidaknya patung kucing ini. Bahkan orang mesir zaman dahulu membuatkan kuil untuk kucing ini. Tapi bukan berarti kucing Abyssinian berasal dari mesir. Menurut penelitian kucing ini diperkirakan berasal dari ethiopia bahkan para ahli genetika juga berpendapat kucing ini berasal dari asia tenggata atau laut india. Walau begitu Abyssinian dimurnikan dan menjadi jenis kucing murni di inggris. Sedangkan ciri-ciri dari kucing Abyssinian adalah Tubuhnya berotot, memiliki lengkungan leher serta bahu yang indah, mata dengan bentuk menyerupai almond dan telinganya yang besar.Kaki panjang dan langsing, kepala berbentuk segitiga dan ada sudut-sudut yang agak membulat. Ciri khasnya yang paling terlihat adalah Ticked Agouti (pola warna bulu yang berbintik-bintik). Selain itu kucing Abyssinian sangat penurut kepada manusia. Dia seperti ingin tahu apa yang dilakukan oleh manusia. Karena menurutnya jenis kucing ini dia mudah dilatih. Bahkan lebih penurut dibanding jenis kucing lain seperti Turkish Van ataupun Ragdoll. 

6. Oriental
 Kucing Unik ini berkembang biak dengan nama Oriental Shorthair disebut-sebut terlihat seperti anjing. Kucing ini menggabungkan tubuh anjing dan kucing dengan keragaman warna dan pola. Dia Ini berkembang biak dengan kecerdasan lebih baik dan merupakan binatang yang sangat ramah. Mereka mempunyai sifat khas ingin tahu, ramah, emosional, menuntut dan seringkali cukup vokal.
7. Birman
Jenis kucing ini biasanya bertempat tinggal di kuil. Bahkan ada sebuah kepercayaan jika kucing kuil ini mati. Maka arwah kucing tersebut akan ditemani khusus oleh arwah pendeta (manusia). Menurut sebuah catatan sejarah. Kucing birman mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia seperti ragdoll pada tahun 1919. Adalah dua orang berkebangsaan peracis yaitu Auguste Pavie dan Gordon Russel yang mendapatkan hadiah sepasang kucing birman karena telah membantu para pendeta kuil. Tapi sayang seribu sayang kucing jantan mati dalam perjalanan tapi untungnya kucing betina sedang mengandung. Walau akhirnya sempat berkembang pada tahun 1925, tapi karena resesi ekonomi dan perang dunia. Ras kucing ini akhrinya kembali menyusut juga. Tapi setelah berakhirnya perang dunia kedua perlahan tapi pasti, ras kucing ini akhirnya berkembang kembali. Sampai akhirnya pada tahun 1966 inggris mengakui ras kucing birma sebagai jenis murni ciri-ciri dari jenis kucing ini: Berat badan antara 4-6 kg, Pola warnanya mirip dengan Colour point dengan lebih pucat pada telinga, muka, kaki dan ekor, Bulu ekor dan leher yang paling menonjol yaitu tebal dan halus, Panjang tubuh kucing sedang tetapi berbentuk tegap, Tidak seperti kucing abyssinian yang memiliki telinga panjang. Telinga kucing ini berukuran sedang dan melengkung, Kucing ini sangat menyukai manusia. 

8.  American Shorthair
 American shorthair ini pastinya punya bulu yang pendek,tapi dia punya ciri khas lain lho! warna bulunya pasti gak jauh jauh dari belang belang coklat atau abu abu.. dia salahsatu kucing amerika yang lucu abis.
  











9. Burmese

Bila dilihat dari depan, bentuk kepala bulat dan melengkung kearah tengkorak. Di UK ras ini dimodifikasi sehingga tidak menyerupai Siamese dengan jarak kedua telinganya yang cukup jauh. Jika diperhatikan bentuk beberapa kepala Burmese bervariasi, ukuran telinga sedang, melebar pada bagian bawah dan ujungnya lancip. Mata bulat lebar dengan garis mata bagian atas mencirikan khas oriental. Warna mata kuning keemasan dengan bayangan kuning kehijauan, warna mata emas lebih disukai. Badan berukuran sedang tetapi berat. Garis pungung rata, dada melengkung dan memperlihatkan perototan yang cukup baik. Kaki proposional dengan ukuran badan, ekor lurus dan panjangnya sedang, bagian pangkal tidak terlalu besar. Bulu pendek, halus dan mengkilap dengan tekstur seperti satin. Untuk kepentingan kontes, GCCF menerima semua warna bulu, sedangkan CFA hanya mengakui 4 warna yaitu : sable (brown), champagne (chocolate), blue dan platinum (lilac).

10. Scottish Fold
 Scottish Fold Cat, adalah jenis kucing dengan bentuk telinga yang berbeda dengan jenis kucing yang lainnya. Kucing ini memiliki telinga yang terlipat. Kucing ini adalah hasil mutasi, yang membuat telinganya terlipat dan turun kedepan, membuat wajah kucing ini mirip seperti burung hantu (owl). Awalnya kucing ini disebut sebagai FLOPS, namun setelah secara sengaja dikembangbiakkan kemudian diberi nama Scottish Fold Cat, nama yang populer hingga sekarang.

1 komentar: